Cara Ampuh Membersihkan Dinding Berwarna Putih

tips membersihkan dindingSumber gambar : whatsupfagans.com

Kesan yang tampak setiap kali melihat rumah berwarna putih adalah bersih mewah, elegan. Terlebih jika didukung dengan ornament-ornamen berbentuk klasik. Tapi, bagaimana cara merawatnya supaya warna putih pada dinding rumah tetap kelihatan segar? Beberapa hal berikut adalah cara ampuh membersihkan dinding berwarna putih.

Untuk membuat dinding berwarna putih, ada beberapa jenis lapisan dinding yang banyak dipakai untuk mempermanis rumah. Biasanya yang sering dipakai adalah melapisi dinding dengan cat, wallpaper (kertas dinding), dan batu alam.

Semua memerlukan perlakuan khusus saat membersihkannya. Sehingga cara ampuh membersihkan dinding berwarna putih itupun beragam caranya.

Secara garis besar, dinding kotor bisa disebabkan oleh 2 faktor. Kotor karena debu, kotor karena terkena noda (crayon, saus, minyak dan lain-lainnya), dan kotor karena lumut dan jamur.

Dinding kotor karena debu cukup dibersihkan dengan sapu berbulu halus atau kawat yang dilapisi dengan kain bersih. Hal ini untuk menghindari goresan pada cat atau wallpaper yang melapisi dinding.

Sementara jika dinding kotor karena terkena noda, cara membersihkannya lebih sulit. Diperlukan alat bantu berupa cairan khusus pembersih dinding yang umumnya bisa diracik sendiri. Satu hal yang harus diperhatikan, sebelum dibersihkan dengan cairan khusus sebaiknya dinding dibersihkan dari debu terlebih dulu. Setelah itu baru dibersihkan menggunakan cairan khusus.

 

Berikut Cara Ampuh Membersihkan Dinding Berwarna Putih :

  • Dinding bercat

Membersihkan dinding bercat putih, bisa menggunakan larutan air dan baking soda. Siapkan spons atau kain lembut yang bersih, rendam dalam larutan beberapa saat, lalu peras dan gosokan pada dinding yang terkena noda. Untuk membersihkan noda tinta bisa mencoba bersihkan dengan detergen. Caranya, siapkan lap basah yang bersih, taburkan detergen diatasnya lalu gosokan pada dinding hingga bersih, bilas dann keringkan dengan lap bersih.

Untuk dinding yang terkena minyak, bisa dibersihkan menggunakan bahan-bahan yang ada didapuar. Campurkan jus lemon dan satu sendok baking soda, atau larutkan detergen dengan air hangat. Siapkan lap atau spon lembut dan bersih, celup dalam larutan lalu tempelkan pada noda minyak beberapa saat. Terakhir basuh dengan lap basah yang bersih.

  • Dinding yang menggunakan lapisan wallpaper

Setelah dibersihkan dari debu yang menempel, siapkan larutan air dan sabun, dan lap bersih 2 buah. Untuk wallpaper yang berlapis vinyl, bisa dibersihkan dengan larutan cuka dan air hangat. Rendam lap dalam larutan lalu tempelkan dibagian dinding yang kotor lalu bilas dengan lap basah yang bersih. Jika wallpaper terkena tinta, crayon atau spidol gunakan larutan khusus seperti re-type atau sabun dry cleaning.

  • Dinding batu alam

Batu alam berwarna putih termasuk batu alam yang sulit didapatkan, harganyapun relative mahal. Karena medan yang sulit untuk mendapatkan jenis ini, maka para pengrajinpun jarang memproduksinya. Jenis ini sering pakai untuk dinding bagian luar (sebagai eksterior rumah).

Batu alam biasanya terkena kotoran atau lelehan semen saat pemasangan, Untuk membersihkannya, siapkan sikat kawat, sedikit air keras dan cairan pembersih lantai semacam porstek. Sikatlah bagian yang terkana semen, teteskan sedikit air keras lalu sikat kembali. Terakhir, sikat kemali dengan cairan pembersih lantai lalu siram hingga bersih.

 

Setelah selesai pemasangan, maka beberapa cara untuk menjaga dinding batu alam putih ini tetap bersih adalah :

  • Usahakan melakukan coating atau pernish batu alam pada saat pemasangan. Gunakan pernish natural untuk batu alam berwarna putih atau cerah.
  • Jika mulai ada tanda pelapukan, berlumut atau berjamur, bersihkan dengan amplas halus lalu lakukan coating ulang.
  • Jika batu sudah lapuk berat, gunakan amplas dalam kondisi kering sampai merata dan berulang, lalu cuci dengan spon, tunggu hingga kering baru di coating ulang.

Itulah beberapa cara menjaga dan merawat dinding berwarna putih. Beberapa hal yang perlu selalu diingat adalah lakukan pembersihan segera saat dinding berwarna putih terkena noda.

Menunggu berlama-lama hanya akan membuat dinding makin sulit dibersihkan, bahkan bisa merusak dinding. Dengan memahami cara ampuh membersihkan dinding berwarna putih semoga bisa membantu menjaga dan merawat keindahan rumah Anda.