Tips membersihkan kaca jendela rumah agar terlihat baru

Tips membersihkan kaca jendela rumah agar terlihat baru

pembersih kacaSumber gambar : zillow.com

Tidak dapat di pungkiri kaca jendela rumah adalah salah satu yang menjadi daya tarik desain sebuah rumah, terutama pada rumah yang berdasain Eropa dan rumah berdesain minimalis. Kaca dapat menyuguhkan sensasi “rasa“ yang berbeda pada sebuah desain rumah, karena itu kaca jendela merupakan bagian penunjang yang sangat penting.

Selain memberikan tampilan yang berbeda , agar terlihat baru kaca rumah juga bisa menjadi sumber cahaya didalam rumah sehingga rumah menjadi lebih terang dan terkesan lapang. Kaca jendela juga bisa menjadi sumber sirkulasi udara didalam rumah, karena kaca jendela rumah bisa di modifikasi dan didesain untuk dibuka dan ditutup.

Saat ini banyak kita jumpai berbagai macam jenis kaca jendela rumah, di mulai dari yang biasa, yang tembus pandang, yang riben, yang berukir bunga, berukir hewan , ada juga yang abstrak sampai dengan kaca jendela yang berbentuk kaligrafi. Semua oke, walaupun pada akhirnya si kaca cantik itu akan memerlukan perhatian dan perawatan khusus dari si pemiliknya

Bagaimana tidak ? kaca akan nampak kusam jika tidak dibersihkan secara berkala apalagi untuk rumah yang berada dipinggir jalan, debu akan lebih banyak menempel. Kaca yang kusam, berdebu dan kotor akan sangat mengganggu pemandangan , akan merusak nilai estetika rumah tentunya

Karena kaca jendela adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah rumah, maka kebersihannya juga sangat utama. Perlu di buatkan jadwal khusus untuk membersihkannya secara rutin. Jendela yang kotor akan berpengaruh juga pada kesehatan penghuninya.

Tapi jangan khawatir, kemajuan pesat sikaca jendela juga dibarengi dengan banyaknya tips-tips untuk mengatasi keluhan seputar cara perawatan dan cara membersihkannya.

Ini tips membersihkan kaca jendela rumah agar terlihat baru.

  • Membersihkan kaca jendela dengan menggunakan koran

Membersihkan kaca jendela dengan menggunakan koran cukup hemat , murah meriah itu istilah yang dipakai emak-emak zaman now. Selain murah meriah, ramah lingkungan juga tentunya karena memberdayakan barang bekas.

Caranya pun begitu mudah. Tinggal semprot permukaan kaca dengan air kemudian gosok dengan koran. Koran yang akan dipakai untuk membersihkan kaca dilipat kemudian dibasahi terlebih dahulu ( jangan terlalu basah ) kemudian koran tersebut digosokan searah dan agak ditekan, mulailah dari kaca jendela bagian atas kemudian kebawah, begitu seterusnya.

Jika sudah selesai , ulang kembali dengan koran yang baru biasanya dua atau tiga kali gosokan akan terlihat hasilnya….traraaa….kaca kembali kinclong.

  • Cuka putih

Encerkan cuka makan atau cuka putih dengan air hangat, cukanya sekitar dua atau tiga sendok makan dicampurkan dalam 3,5 liter air hangat. kemudian usapkan pada permukaan kaca yang kotorannya sudah mengering. Gosok- gosoklah bagian yang berkerak dengan lap yang bersih dan menyerap. Kerak-kerak dikaca akan mengelupas dan kaca akan kembali menjadi cling.

  • Menggunakan spon

Bahan pembersih kaca alami ataupun kimia akan lebih optimal hasilnya jika pada waktu menggunakannya memakai spon. Hasilnya tentu akan lebih maksimal. Caranya semprotkan bahan pembersih kaca kemudian usapkan spon basah secara searah, lebih bagus lagi dari atas kebawah secara bergantian. Ingat untuk sering-sering membilas sponnya di air mengalir.

 

Itulah tips membersihkan kaca jendela rumah agar terlihat seperti baru. Semoga bisa membantu. Selamat mencoba.