Tips Menata Kamar Bayi

Tips Menata Kamar Bayi

kamar minimalisSumber gambar : idolza.com

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat menata kamar, agar Anda merasa nyaman ketika beristirahat. Apalagi jika yang akan ditata adalah kamar seorang bayi, banyak hal yang harus diperhatikan.

Dengan kemudahan akses internet, saat ini tips menata kamar bayi sangat mudah Anda dapatkan. Namun, Anda masih bingung bagaimana menyiapkan kamar untuk bayi. Simak tips menata kamar bayi berikut ini:

  • Sirkulasi Udara serta Pencahayaannya
    Untuk menjaga kesehatan bayi, dibutuhkan sirkulasi udara yang baik. Pastikan di kamarnya terdapat jendela supaya sinar matahari bisa masuk dan kamar tidak lembab. Selain itu, pencahayaan pun sangat penting, jangan sampai kamar bayi gelap karena kurang pencahayaan.
  • Pemakaian Wallpaper
    Supaya dinding kamar bayi tidak terkesan polos, Anda bisa menambahkan wallpaper.Pilihlah yang bertema dramatis ataupun imajinatif dan sesuaikan dengan tema desain yang sudah dipilih.
  • Perhatikan Dalam Pemilihan Furniture
    Untuk kamar yang tidak terlalu besar, Anda bisa memilih furniture yang multifungsi agar tidak banyak memakan tempat. Pastikan tidak ada ujung yang runcing pada ornamennya karena akan membahayakan bayi ketika mulai merangkak atau berjalan.
  • Utamakan Faktor Keamanan Bayi
    Pasang bumper disekeliling box atau tempat tidur bayi. Hal ini untuk menghindari adanya benturan ataupun bayi terjatuh dari tempat tidur. Cek juga apakah teralis boxnya sudah kuat atau belum. Selain itu, periksa kembali sambungan listrik dan stop kontak jangan sampai terjangkau oleh bayi.
  • Hindari Penggunaan Karpet
    Saat bayi mulai merangkak ataupun bergerak lincah, biasanya akan banyak bermain di lantai. Untuk itu pilihlah bahan keramik yang tidak licin atau yang berbahan kayu, hindari penggunaan karpet karena rentan berdebu dan terkena tungau.
  • Jadikan Kamar Bayi Sebagai Tempat Tidur Sekaligus Sarana Belajar
    Untuk menstimulus setiap tahap perkembangan bayi, bisa melalui beberapa ornamen. Pasang beragam bentuk lampu, menempelkan poster dan juga menyediakan rak khusus untuk buku bacaan pengantar tidur.
  • Pemilihan Cat
    Saat di USG biasanya Anda akan tahu apa jenis kelamin bayi Anda. Untuk itu pilihlah warna cat yang sesuai dengan jenis kelamin bayi serta non toxic. Untuk Anda yang ingin memilih warna netral, padu padankan dengan interior yang berwarna supaya terlihat lebih cerah.

 

Selain tips diatas, ada beberapa perlengkapan yang wajib ada di kamar bayi, yaitu:

  • 1. Box Bayi
    Pilihlah box bayi yang menggunakan teralis agar aman, dan juga tidak terlalu tinggi. Box yang terlalu tinggi membahayakan bayi, saat sudah mulai bisa memanjat. Pastikan matras yang dipakai tidak keras, bantal dan guling yang sesuai dengan usia bayi serta sprei yang lembut.
  • 2. Meja Khusus Untuk Mengganti Popok
    Untuk memudahkan saat mengganti popok, Anda bisa menggunakan meja khusus. Biasanya di meja khusus ini sudah tersedia semua peralatan untuk ganti seperti, diaper, tissue dan lotion bayi.
  • 3. Lemari Penyimpanan
    Lemari penyimpanan sangat penting untuk menyimpan pakaian dan semua kebutuhan bayi agar tidak tercecer.
  • 4. Tempat sampah
    Selalu sediakan tong sampah agar Anda tidak usah bolak balik keluar kamar. Jaga kebersihannya dengan mengosongkan dan membersihkannya setiap hari.
  • 5. Lampu Malam
    Untuk kualitas tidur yang lebih baik, biasakan bayi Anda tidur dengan sedikit penerangan. Untuk itu sediakan lampu malam agar kamar bayi tidak terlalu terang.

Itulah tips menata kamar bayi yang bisa Anda coba, selamat berkreativitas tanpa batas. Bayi tenang, ibu senang, suasana rumah pun tentram.