Tips menata rak buku di rumah Anda

Tips menata rak buku di rumah Anda

rak buku minimalisSumber gambar : formgoodhabits.pw

Menyulap sebuah ruangan menjadi mini perpustakaan tentu menjadi rencana menyenangkan bagi Anda yang senang mengoleksi buku. Tidak peduli berapa banyak buku yang telah Anda baca, hasrat untuk terus membaca akan selalu tumbuh.

Ditambah lagi, jika mini perpustakaan tersebut adalah hasil karya Anda sendiri. Tidak akan pernah terucap kalimat, “buku dirumahku sudah terlalu banyak”, dari Anda. Lalu, sulitkah menyulap sudut-sudut tertentu di rumah Anda menjadi sebuah mini perpus dengan rak rapi yang terjaga kebersihannya?

Jangan khawatir, membuat mini perpustakaan hanya membutuhkan sentuhan kecil. Kunci utama pengerjaan ini adalah rak buku. Buku-buku akan terlihat rapi dan menggoda jika ditempatkan pada posisi dan proporsi yang tepat.


Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda praktekan untuk menata rak buku di rumah Anda.

 

  1. Perhatikan sudut rumah Anda.

Menata rak buku berarti mengisi sebuah ruang kosong. Mungkin tempat-tempat yang tidak terduga, seperti; di bawah tangga, di sekitar kamar tidur, ruang tamu, ruang tv, ruang keluarga, atau loteng. Pikirkan segala sisi yang masih memiliki ruang untuk diisi. Jangan pikirkan, how looking that’s room? just do it, and you can get it.

 

  1. Mulailah membuat sketsa ruangan.

Jika Anda ragu untuk langsung mengaplikasikannya di ruangan rumah Anda, gambarlah sketsa simplenya. Sekurang-kurangnya, sketsa tersebut membantu Anda untuk melihat rancangan karya Anda.

 

  1. Gunakan rak yang sesuai proporsi dalam mengisi ruangan.

Jangan khawatir jika rumah Anda tidak memiliki tangga atau loteng. Bukankah Anda memiliki banyak ruangan lainnya. Jika Anda menggunakan ruang tamu dengan konsep rumah minimalis, gunakan rak buku yang dapat menempel ke bagian tembok. Rak buku model seperti ini hanya akan mengisi beberapa sisi di tembok. Tidak menyentuh lantai, dan tidak memakan banyak tempat. Jika Anda menggunakan ruang keluarga, ruang santai, atau ruang kerja, Anda dapat menggunakan rak buku layaknya di perpustakaan.

 

  1. Perhatikan pencahayaan

Memiliki rak buku berkaitan erat dengan kegiatan membaca. Hindari memilih ruangan yang dominan berudara lembab, kurang pencahayaan, dan di dominasi warna gelap. Anda membutuhkan mini perpustakaan untuk menjaga buku-buku Anda. Merawatnya dan memudahkan Anda saat membutuhkan referensi.

 

  1. Tambahkan hiasan

Hiasan di sekitar rak buku dapat berupa bingkai berisi tumbuhan yang telah dikeringkan, bagian tubuh hewat yang telah di formalin, globe, peta, atau hiasan dinding. Hiasan ini membantu mempercantik sekaligus menjadikan rak buku Anda sesuatu yang eye catching. Menjadi point of view ruangan. Tentunya menjadikan Anda tidak bosan merawat dan menjaga buku-buku Anda.

 

6.Kelompokkan sesuai tema.

Buku-buku yang Anda miliki tentu membahas beragam konten berbeda, yang berkiblat pada satu tema. Tips ini dapat Anda terapkan jika kebetulan jumlah buku Anda memenuhi setiap sisi ruangan yang telah Anda pilih. Tips ini akan memudahkan Anda saat membutuhkan referensi. Selain itu, penetapan buku tertentu pada ruangan tertentu akan menunjukkan karakter diri Anda.

 

  1. Susun buku berdasarkan kebutuhan Anda.

Untuk menyusun buku di segala sudut yang telah Anda tetapkan, prioritaskan buku yang paling sering Anda gunakan. Tempatkan buku tersebut di lokasi yang paling mudah di jangkau. Kumpulkan seluruhnya hanya dalam satu rak. Tentu penempatannya tidak boleh dicampur buku-buku lain yang jarang Anda gunakan. Tips ini mempersingkat waktu Anda mencari referensi yang Anda butuhkan.

 

Nah, tunggu apalagi? Segera kembangkan kreatifitas Anda agar mini perpustakaan itu menjadi ruangan menyenangkan yang nyaman Anda tempati.