Tips Menyimpan Benda Kesayangan di Rumah

penataan ruangSumber gambar : blog.bluprin.com

Pernah belum, mempunyai benda kesayangan yang lama disimpan lalu rusak? Wah sayang sekali yaa. Apalagi benda itu merupakan benda kenangan atau mungkin koleksi. Nah, di postingan kali ini akan dibahas tips-tips dalam menyimpan benda kesayangan supaya tidak mudah rusak.

  • Tas
    Jika kalian merupakan kolektor tas, ada baiknya mempunyai rak khusus untuk tas. Jangan menggantung tas kalian karena akan membuat tali pegangannya kendor. Apabila ingin mempertahankan bentuk tas isi bagian dalam tas menggunakan gulungan plastik atau kertas bekas. Jika perlu, alasi rak menggunakan bahan lembut untuk menghindari goresan.
  • Sepatu
    Sama halnya dengan tas. Kalian juga perlu memasukkan gumpalan kertas supaya tidak berubah bentuk ketika lama disimpan. Jangan menumpuk sepatu karena akan merusak sol sepatu. Sebaiknya gunakan rak khusus sepatu.
  • Buku
    Kalian menjadikan buku sebagai barang kesayangan? Harus pintar pintar loh ya dalam menyimpan supaya tidak rusak. Seseorang biasanya meletakkan dengan posisi tegak atau ditumpuk. Namun, cara ditumpuk tidak dianjurkan karena buku paling bawah menerima banyak beban yang dapat merusak jilid. Jangan pula meletakkan buku dengan cara jilid di bawah karena akan merusak jilid.Mengenai storage atau tempat bukunya, sebaiknya beri sedikit jarak dengan tembok. Hal ini supaya buku tidak mudah rusak ketika suhu dan kelembapan berubah-ubah. Jangan pula menyimpan buku terlalu rapat, setidaknya ada sedikit celah untuk sirkulasi udara.
  • Kalung Mutiara
    Duh siapa si ya yang tidak menjadikan barang kesayangan kalau punya mutiara begini. Dalam menyimpannya, letakkan dalam wadah khusus yang lembut karena permukaan mutiara mudah tergores. Jangan menggantungnya supaya tidak kendor.
  • Pakaian
    Jika kalian memiliki pakaian-pakaian kesayangan, pastinya akan menjaga pakaian tersebut supaya awet. Gantung pakaian kalian di lemari yang memiliki gantungan. Beri alas pada permukaan lemari dengan kertas supaya kain tidak tersentuh langsung pada kayu lemari. Sebaiknya lemari memiliki fentilasi yang cukup supaya pakaian tidak berjamur.

 

Nah kalau sudah diamankan, lalu bagaimana jika kalian memiliki banyak barang kesayangan yang akhirnya memakan tempat di rumah? Simak tips-tips berikut.

 

  • Manfaatkan Siku Dinding Rumah
    Apabila hanya membuat rak tempel di dinding secara vertikal, hal itu sudah biasa dilakukan. Cobalah untuk menggunakan rak yang menempel pada siku dinding seperti pada gambar. Selain menghemat tempat, cara ini sekaligus memperindah ruangan kalian.
  • Di Bawah Tangga
    Almari tertutup di bawah tangga mungkin sudah banyak dijumpai. Namun, bagaimana dengan rak-rak terbuka di bawah tangga seperti di gambar? Bawahnya bisa meletakkan meja ataubarang lainnya loo. Yang pasti, kalian bisa lebih mudah merawat dan mengambil barang kesayangan kalian.
  • Di Bawah Anak Tangga
    Kalau ini, tergantung anak tangga rumah kalian terbuat dari apa yaa. Dengan cara ini, kalian lebih memanfaatkan tempat mengingat anak tangga yang biasanya hanya diinjak injak dapat dijadikan tempat penyimpanan.
  • Sssttt… Hidden Storage
    Buat kalian yang ingin menyembunyikan barang kesayangan kalian, bisa membuat tempat penyimpanan yang tidak terduga. Seperti di bawah meja, di balik cermin, di balik figura foto,dll. Kalian juga bisa membuat memodifikasi almari kalian menyerupai rak buku. Seseorang yang melihatnya akan mengira bahwa kalian menyimpan buku, padahal hanya gambar sedangkan di dalamnya terdapat barang lain.

Sekian postingan mengenai tips-tips menyimpan barang kesayangan di rumah. Happy trying!